Iedul Adha post





Assalamu'alaikum wr wb

Allohu Akbar Allohu Akbar Allohu Akbar

Laa Ilaaha ilallohu alloh akbar Allohu Akbar walillahilhamdu


Selamat hari raya idul adha untuk akhii dan ukhti fillah hari ini merupakan hari yang begitu penuh keberkahan. bagaimana tidak? ada kisah-kisah teladan yang dapat kita petik hikmah dan kita jadikan tauladan untuk menjadi lebih baik.

Tentu saja semua orang pasti menginginkan hidupnya penuh dengan hikmah dan keberkahan bukan.

Idul Adha adalah sebuah hari raya umat Islam yang mana pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham) mengorbankan putranya nabi Ismail untuk Allah, kemudian digantikan oleh-Nya dengan seekor domba.
pada pagi hari ummat islam melaksanakan terlebih dahulu shalat idul adha bersama di masjid-masjid mengumandangkan takbir dan kemudian melaksanakan kurban. pelaksanaan kurban ini biasanya dilaksanakan ketika hendak waktu dhuha.

Makna utama Hari Raya Idul Adha adalah kesediaan untuk berkorban sebagaimana ditunjukkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim memiliki dua dimensi makna yang bersifat vertikal dan horizontal. Secara vertikal, kejadian simbolik itu merupakan upaya pendekatan diri (kurban) dan dialog dengan Tuhan dalam menangkap nilai dan sifat-sifat ketuhanan. Secara horizontal, hal itu melambangkan keharusan manusia untuk membumikan nilai-nilai itu dalam kehidupan nyata.

Kehidupan ini adalah jihad atau perjuangan (al hayaatu jihaadun), sedangkan setiap perjuangan membutuhkan pengorbanan. Dengan demikian, sifat berkorban adalah sifat keharusan bagi setiap insan. Sehingga, kesadaran untuk kembali kepada sifat ini merupakan suatu keharusan pula. hal tersebut berarti pengorbanan merupakan sifat yang mendasar dalam kehidupan.

Kita berharap Idul Adha kali ini menjadi semangat pengorbanan yang hakiki. Suatu semangat yang melandasi hidup dan kehidupan kita menuju ridha Ilahi, sekaligus menyinari hati nurani kita untuk menengok kebesaran khalik dan realitas kehidupan di sekitar kita.

Kepasrahan, ketaatan dan kecintaan kepada Allah yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS ini seharusnya menjadi tauladan bagi umat Islam hingga kini.

Allohumma Sholi 'ala sayyidinaa Muhammad, Sholu 'alaih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANTUNAN SYAHDU