SEELEGAN LEBAH




Assalamu'alaikum wr wb

Sahabat fillah
pernahkah kalian berpikir untuk bersikap seperti lebah?
Lebah yang banyak orang menganggap bahwa hewan satu ini memiliki rupa yang mengerikan, ternyata terdapat banyak sekali tauladan untuk bahan kita bermuhasabah.

  • makanan lebah merupakan sari pati bunga
 hal ini berarti lebah hanya memakan sesuatu yang baik. coba kita berintropeksi diri, apa-apa saja yang telah kita masukkan kedalam mulut kita. Apakah sesuatu yang halal atau mungkin haram?

  • lebah selalu hati-hati dan bersabar ketika hendak mengambil sari pati pada bunga
pikirkanlah sejenak, apakah kita menyakiti orang lain ketika kita ingin mendapatkan hak? atau bahkan kita telah mengambil hak orang lain?
sahabat setiap apa yang telah Alloh takdirkan untuk menjadi milik kita tentu saja akan menjadi hak kita. tanpa harus menyakita siapapun.

  • ketika lebah mengambil sari pati pada bunga ia juga memberi manfaat pada sang bunga yaitu proses penyerbukan
kita sebagai hamba Alloh harus senantiasa hablu minannas juga, dimana ketika kita hendak mencari rezki maka kita juga sedapat mungkin memberikan manfaat kepada lingkungan kita.

  • Lebah selalu menjaga sarang dan ratunya
maknanya kita harus menjaga apa yang telah Alloh titipkan kepada kita semisal dunia dan isinya. Menghormati para pemimpin yang arif dan bijaksana serta hidup mandiri. lihatlah lebah yang selau berangkat seorang diri untuk mendapatkan sari pati bunga. kemudian membawanya kembali kesarangnya

  • lebah tidak suka mengusik orang lain, akan tetapi ketika rekan atau ratunya diusik maka mereka akan serta merta menyerang pengganggu
seringkah kita mengusik kehidupan orang lain dan melupakan kehidupan sendiri? pepatah mengatakan "gajah dipelupuk mata tidak terlihat tetapi semut di ujung lautan terlihat sangat jelas". jika hidup kita hanya dibuat untuk memikirkan orang lain bagaimana kita akan memikirkan sesuatu yang seharusnya kita pikirkan seperti agama Alloh yang kita pegang. Banyak yang mencerca agama kita akan tetapi kita hanya duduk terpaku tanpa ada perlawanan. ingatlah sahabat bahwa orang yang mengusik agama Alloh seharusnya di perangi bukan malah dihormati dan disanjung-sanjung.

  • Sesuatu yang lebah keluarkan adalah sesuatu yang banyak manfaatnya, Madu
bijaklah. .
apakah yang kitaa keluarkan dan kita kerjakan merupakan sesuatu yang bermanfaat? bukankah sebaik-baik insan ialah insan yang bermanfaat bagi orang lain.

hidup tidak perlu kita merasa paling kuat atau paling lemah, paling kaya atau paling miskin, paling berkuasa atau tdk punya daya, yang penting mejalani kehidupan ini dengan segala kebaikan dan bekerjasama dalam segala permasalahan yang kita hadapi dan kita bisa memberikan manfaat dalam kehidupan ini.

siapa pun kita yang kuat atau yang lemah , yang besar atau kecil yang kaya atau yang miskin ,jika kita mampu seperti lebah maka kita akan menjadi yang terkuat ,disegani dan akan menjadi yang terbaik .

Allohuma sholi 'ala sayyidinaa Muhammad, sholu 'alaih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANTUNAN SYAHDU